Selasa, 15 Maret 2011

Cara Pengembang Biakkan Dwarf

“True Dwarf” kita sebut sebagai gen DwDw
Ketika dua "true dwarf" (jantan dan betina) dikawinkan, maka hal ini merupakan sebuah kombinasi mematikan yang sering menghasilkan keturunan cacat yg kita kenal dengan nama “Peanut” yg ditakdirkan hanya bisa hidup selama tiga minggu, dan kemudian mati.
Sayangnya alasan di balik kematian masih belum diketahui secara pasti, namun ada dugaan bahwa “Peanut” memiliki saluran pencernaan yang tidak sempurna hal ini lah yang menyebabkan kematian mereka. Kondisi ini 100% fatal, meskipun ada beberapa orang yang mengklaim bahwa beberapa “Peanut” dapat hidup sampai dewasa.
“Peanut” mudah dibedakan dari non-peanut; mereka mudah sekali dicubit bagian belakangnya, kepala bulat, dan telinga mereka terletak lebih kebelakang dari yang normal (kadang-kadang hampir ke leher).

Jika True Dwarf dikawinkan, hasil statistik yang akan terjadi adalah 25% fatal / peanut, 25% false-dwarf, dan 50% True Dwarf. Jumlah sebenarnya dari true-dwarf / false-dwarf / peanut dalam silsilah ternyata bervariasi.
"False-dwarf" cenderung memiliki tubuh lebih panjang, telinga yang lebih besar / panjang, wajah lebih monyong, dan seringkali berat melebihi 2,5 pound. Karena itu false-dwarf bukanlah kelinci yang bisa dijadikan untuk Show.
Namun betina false-dwarf yang memiliki latar belakang yang baik sangatlah penting untuk program pengembang biakkan. Betina false-dwarf yg baik harus memiliki "Gen yang bagus" dan sama seperti True Dwarf dan mampu menjadi Ibu yang baik.
False-dwarf yang memiliki kualitas bagus memiliki kriteria umum yang sama dengan True Dwarf hanya saja false-dwarf memiliki tubuh yang lebih besar. Telinga tebal, kaki belakang yang gemuk dan pinggang yang besar, memiliki lengkungan tubuh yang baik, dan kriteria lain yang sama dengan True Dwarf.
Adalah merupakan hal yang biasa diantara para peternak untuk mengawinkan Jantan True Dwarf yang mamiliki kualitas “Show” dengan betina “false-dwarf” yang memiliki kualitas “true dwarf”. Hal ini akan memperkecil kemungkinan keluarnya Peanut. Namun sayangnya kemungkinan lahirnya “false-dwarf” lebih tinggi, akan tetapi keturunan mereka umumnya memiliki kualifikasi yang baik untuk dipakai dalam program pengembang biakkan  (beberapa Jantan false-dwarf telah membuktikan dirinya berharga untuk program pemuliaan) atau pun dijual sebagai hewan peliharaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar