Minggu, 23 Januari 2011

How to get BEW ?!

VC dan VM secara genetik sama. VC adalah pembawa VM (membawa gen BEW, tetapi tidak menunjukkan mismarkings). VM adalah pembawa gen BEW dan memiliki mismarkings - biasanya seperti bercak putih bulu [kadang-kadang bahkan mirip dengan Dutch] atau mata berwarna biru). Baik VM dan VC adalah genetik Vv.

BEW secara genetik adalah Vv. Dibutuhkan dua gen resesif Vienna untuk membuat BEW. BEW seperti semua warna genetik yg lain, tetapi ketika anda berhasil membuang gen "vv", hal itu lah yang membuat mereka menjadi BEW. Hal ini sangat mirip dengan cara REW tercipta. Tapi, gen REW masih lebih dominan dibanding BEW, sebagi contoh jika kelinci REW dan BEW dikawinkan, maka anaknya akan muncul sebagai REW. (Saya * percaya * kelinci dengan jenis pointed pun juga akan mengalahkan gen BEW, meskipun saya belum 100% yakin pada hal itu).

Jadi, inilah combo yang mungkin terjadi  ketika anda mencoba mengawinkan Bew & VM / VC:

BEW (vv) x BEW (vv) = 100% BEW (vv)

BEW (vv) x VC / VM (Vv) = 50% Bew (vv) & 50% VC atau VM (Vv)

BEW (vv) x non-Bew carrier (VV) = 100% VC atau VM (Vv)

VC / VM (Vv) x VC / VM (Vv) = 25% BEW (vv), 50% VC / VM (Vv), 25% non-Bew (VV)

VC / VM (Vv) x non-Bew carrier (VV) = 50% VC / VM (Vv) & 50% non-Bew (VV)

Satu hal lain yang perlu dipertimbangkan. Akan lebih baik untuk tidak mengawinkan kelinci dengan mata ruby (sepert : Coklat, Lilac, REW, Pointed White, Sable Point, Sable, dll.) dengan BEW, karena akan menyebabkan berakhirnya genetik BEW, karena efek mata ruby akan memberikan warna yg berbeda. Ruby akan memberikan mata dengan efek keunguan / kelabu daripada biru cerah. Ini memang bukan masalah besar, tapi akan lebih baik jika anda menghindari hal ini.

Dan, dengan perkawinan antara (VC / VM & VC / VM) atau (VC / VM dan non-Bew), perlu diingat bahwa kadang-kadang bisa jadi sulit untuk membedakan (dengan melihat mereka) antara kelinci berwarna yang membawa gen BEW dan yang tidak. Anda harus menunggu sampai usia mereka siap kawin dan mencoba mengawinkan mereka dengan BEW (jika Anda tahu ada gen BEW dalam silsilah mereka, dengan kata lain kedua induk memiliki gen Bew). Namun jika anda memiliki kandang yg terbatas akan itu tidak praktis menunggu selama 6 bulan untuk mengawinkan kelinci jika hanya untuk melihat apakah ia membawa gen BEW. Jadi, karena alasan itu, saya jarang mengawinkan VC / VM dengan VC / VM atau VC / VM dengan kelinci berwarna (Solid).

Dan juga adalah tergantung keinginan anda jika Anda ingin menggunakan pola brokens dalam program BEW. Saya tidak akan keberatan. Namun, hal itu justru bisa mempersulit anda untuk menemukan gen VM pada mangkuk DNA karena ketika anda mengawinkan antara BEW dengan Broken justru dapat mengakibatkan beberapa anakan tidak membawa gen BEW sama sekali (namun masih ada beberapa alasan mengapa saya tidak pernah melibatkan pola Broken pada program BEW).

Saya rasa penjelasan saya cukup bisa dimengerti, karena hal ini tidak terlalu sulit. Dan, sebenarnya Anda bisa membangun sebuah program penangkaran BEW hanya dalam beberapa generasi dari satu kelinci BEW. (Ambil seekor jantan BEW, kawinkan dengan seekor betina berwarna solid, simpan anakan betinanya dan kawinkan kembali dengan jantan tersebut dan anda bisa mendapatkan kembali BEW).


 Sumber : Roehe Rachel

3 komentar:

  1. kalo boleh tau dimana ya bisa dapetin ND yang f1

    BalasHapus
  2. Dear Era,

    Untuk informasi tersebut silakan kontak langsung dengan Humas kami (Ardi : 08979342277), atau (Rasya : 021-8548 0444).

    Nanti mereka akan memberikan informasi siapa yang memiliki ND F1.

    Regards,
    NDRJ

    BalasHapus
  3. apakah yg dimaksud dengan gen VM/VC???makasi..

    BalasHapus