Kamis, 20 Januari 2011

Netherland Dwarf Rabbit (Kelinci Mini / Kurcaci)


Netherland Dwarf (ND) adalah salah satu jenis kelinci populer yang berasal dari Belanda. Netherland Dwarf memiliki ukuran tubuh lebih kecil bila dibandingakan dengan kebanyakan kelinci pada umumnya.

Netherland Dwarf memiliki berat 500 gr pada kelinci junior dan 1,25 kg pada kelinci senior, ND biasanya diperuntukkan sebagai binatang peliharaan maupun untuk pameran (Show). Begitu populernya mereka sebagai hewan peliharaan dikarenakan oleh penampilanmereka yang lucu dan hanya membutuhkan kandang yang kecil.

Netherland Dwarf memiliki telinga yang kecil dan tegak diatas kepala. Selain itu, wajah mereka bulat dan pesek. Hal ini yang membuat mereka selalu terlihat seperti kelinci junior walau pun mereka telah dewasa.

Netherland Dwarf pertama kali dibiakkan di Belanda pada awal abad 20. Awalnya adalah mengawinkan antara kelinci Polish dengan kelinci liar yang lebih kecil. Setelah beberapa generasi terciptalah kelinci yang sangat kecil dan memiliki berbagai warna dan pola.

Netherland Dwarf pertama kali diimpor ke Inggris pada 1948. Kemudian di ikuti oleh Amerika Serikat Pada tahun 1960-an dan 1970-an Amerika Serikat. Netherland Dwarf tersebut diterima oleh American Rabbit Breeders 'Association pada tahun 1969 menggunakan standar Inggris yang telah dimodifikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar